Saturday 31 January 2015

CARA MERAWAT BLACKTHROAT CEPAT BUNYI

                        CARA MERAWAT BLACKTHROAT CEPAT BUNYI  





Blackthroat termasuk burung favorit kicaumania Indonesia yang memiliki suara kicauan ngeroll. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Nah seperti apa perawatan tepat yang bisa membuat blackthroat rajin berbunyi ini, mari kita simak berikut ini. 




Jika kita memiliki burung blackthroat di rumah, maka pastikan kita telah memiliki dan memperhatikan beberapa kriteria sebagai berikut ini : 
  1. Burung berjenis kelamin jantan.
  2. Burung memiliki postur tubuh yang tegap dan proporsional.
  3. Memiliki sorot mata yang tajam.
  4. Memiliki bulu-bulu yang cerah.
  5. Tidak dalam keadaan sakit, atau cacat.
  6. Paruh panjang, tipis dan seimbang.
 

Setelah didapatkan burung dengan kriteria di atas, berikutnya adalah melakukan perawatan harian yang tepat. Perawatan harian yang tepat meliputi :
  • Manajemen sangkar
  • Pemberian pakan 
  • Mandi dan jemur

MANAJEMEN SANGKAR

Gunakan sangkar yang memiliki ukuran yang tepat. Ukuran sangkar yang terlalu kecil membuat burung menjadi tidak leluasa bergerak, dan akibatnya burung lebih rentan kegemukan dan mudah terserang penyakit yang akan menyebabkan burung menjadi malas berbunyi.

Begitu pula dengan penggunaan sangkar yang terlalu besar pun akan terlihat kurang nyaman bagi pandangan mata kita. Umumnya, ukuran sangkar yang tepat bagi burung blackthroat adalah 30x30x30 cm, dengan ukuran tersebut selain mudah menempatkan pakan yang beraneka ragam , burung juga akan leluasa bergerak. 

Penempatan sangkar pun sebaiknya harus diperhatikan, dan sebisa mungkin sangkar dijauhkan dari lubang angin / ventilasi / sumber angin. Umumnya juga kelengkapan dalam sangkar blackhtroat adalah :
  1. Tenggeran yang bisa menggunakan dua buah tenggeran baik silang atau sejajar.
  2. Tempat makan biji-bijian (Seed).
  3. Tempat minum yang bersih.
  4. Tempat untuk menggantung tulang sotong.
  5. Tempat untuk menjepit sayuran atau buah-buahan.
  6. Tempat untuk telur rebus.
Selain itu kebersihan sangkar pun harus menjadi perhatian utama, bersihkan sangkar setiap dua kali sehari yang dimulai pada pagi hari dan sore hari.


PEMBERIAN PAKAN

Blackthroat merupakan salah satu jenis burung pemakan biji-bijian, seperti halnya burung kenar dan berbagai jenis burung finch lainnya. Burung ini lebih menyukai bijian seperti jewawut. Untuk kelengkapan dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya, sebaiknay biji-bijian yang diberikan mengandung campuran biji yang baik. Dalam hal ini anda bisa memberikan pakan biji-bijian dengan campuran sebagai berikut:
  • Jewawut ( 40 % )
    Milet (5-10 %)
  • Cannary Seed ( 35%)
  • Biji Sawi (5-10%)
  • Niger Seed (2%)
  • Biji Lobak (3%)
Selain pakan di atas, berikan pakan tambahan lain berupa sayuran seperti sawi putih, selada, oyong, dan daun ginseng secara berselang-seling setiap harinya juga buah-buahan seperti apel yang bisa diberikan setiap dua hari sekali.

Sebagai pakan tambahan lainnya, anda bisa memberikan telur puyuh rebus yang diberikan setiap seminggu dua - tiga kali dan sesekali dapat diberikan madu yang dicampur dalam minuman atau dioleskan pada buah/sayurnya. 

Berikan tulang sotong yang dibutuhkan sebagai sumber kalsium dan mineral bagi burung.

c. Pemandian dan Penjemuran
 

Mandi dan jemur adalah bagian penting dalam perawatan hariannya. Mandi yang rutin bisa membersihkan bulu burung dari kotoran dan debu yang menempel, juga bisa membantu mengihilangkan kutu yang menempel, sedangkan penjemuran pada pagi hari sangat bermanfaat sebagai sumber vitamin D bagi burung. 

Penjemuran yang baik bagi burung blackthroat adalah dimulai sejak pukul 06:30 hingga 08:30 pagi. Setelah itu burung diangin-anginkan di tempat yang teduh sambil diberikan pemasterannya.

Memandikan burung blackthroat bisa menggunakan beberapa macam cara, diantaranya menggunakan bak mandi yang dimasukkan dalam sangkarnya, atau menyemprot burung dengan sprayer. Berikan mandi secara rutin setiap hari selama satu - dua kali sehari. 

Dengan rutin melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin burung blackthroat kesayangan anda akan menunjukkan dan menampilkan suara kicauannya yang lantang dan penuh variasi. 

Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas mengenai bagaimana mempersiapkan blackthroat untuk lomba. 


salam burung juara 




No comments:

My Blog List