Saturday 7 February 2015

MENGENAL BURUNG CILILIN


                                                      MENGENAL BURUNG CILILIN 
Burung Cililin ( Platylophus galericulatus ) adalah burung dengan karakter petarung dan gampang terpancing emosinya. Ketika ada burung lain berbunyi Burung ini akan langsung terpancing karakter aslinya dan akan berbunyi selantang-lantangnya. Adapun mengenai suaranya, burung ini tidak mempunyai fariasi lagu yang banyak dan cenderung monoton mengeluarkan bunyi berirama melengking panjang. Dalam pemeliharaan burung ini, penghobby harus mengenal sifat buruknya yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Dalam Pola makannya burung ini bisa dibilang sangat rakus dan suka memakan Extra Fooding berupa serangga dalam jumlah yang banyak.
Cililin-Gacor-Ronggolawe
Burung dengan ciri khas jambul dikepalanya ini diketahui ada tiga jenis, yaitu yang berasal dari pulau Sumbawa dan Sumatera dengan ciri khas warna bulunya berwarna coklat dan yang satu lagi dari pulau Jawa dengan ciri utama berwarna hitam. Perbedaan dari ketiga burung ini secara fisik tidak berbeda jauh. Adapun mengenai ciri-ciri fisiknya burung ini mempunyai ukuran postur tubuh yang besar, pada bagian kepalanya terdapat jambul, warna putih kombinasi hitam terdapat pada tengkuknya, ekor panjang dan agak lebar.
Perbedaan Jantan Dan Betina
Untuk membedakan antara burung cililin jantan dan betina, kita bisa melihat dari ciri fisiknya. Adapun ciri-ciri burung Cililin jantan mempunyai bintik putih di alis mata lebih kecil, bulu putih yang terdapat di leher terlihat lebih tebal dan warna hitam sebagai pemisah terlihat jelas, badan dan kepala terlihat lebih besar, warna terlihat lebih pekat atau tua, posisi badan lebih tegak, lebih sering bunyi dibandingkan Celilin betina dan mempunyai karakter suara yang rapat, panjang dan kasar. Sedangkan ciri-ciri burung Celilin betina mempunyai bintik putih di alis mata lebih besar, bulu yang putih terdapat di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan dan kepala terlihat cenderung lebih kecil dibanding yang jantan, warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih datar, jarang bersuara dan tidak rapat, lebih pendek dan halus.
Cililin-Mp3-Ronggolawe
Karakteristik Suara Burung Cililin :
Cililin warna coklat (Sumbawa dan Sumatra) mempunyai karakter atau nada suara melengking dan panjang namun halus. Sedangkan cililin warna hitam (Jawa) nada suaranya cenderung pendek- pendek dan kasar. Di kalangan kicau mania, banyak yang lebih menyukai burung cililin dengan warna coklat karena suaranya ngerol dengan durasi panjang.
Burung ini berhabitat di hutan tropis, termasuk burung pemakan serangga (Karnivora). Dengan semakin maraknya diadakan perlombaan atau kontes burung berkicau, berdampak pada harga dan maraknya Kicau Mania mencari burung ini untuk dijadikan master burung-burung yang akan dilombakan. Hal ini tak lepas dari fungsinya burung Celilin sebagai burung Master untuk burung-burung lomba seperti Murai Batu, Kacer, Pentet, Cucak Ijo dan lain-lain.
Cililin-Ronggolawe
Merawat Burung Cililin :
Dalam perawatannya, burung ini bisa di bilang agak sulit seperti halnya perawatan burung-burung pemakan serangga lainnya. Karena itu, burung ini harus mendapatkan perlakuan khusus dalam perawatannya sebab jika tidak burung ini mudah stres dan mati. Berikut kami berikan tips perawatanBurung Celilin berdasarkan pengalaman dan masukan dari berbagai sumber.
1. Berikan voer Ronggolawe jika burung Celilin yang kita pelihara sudah makan voer dengan takaran secukupnya saja jangan sampai berlebihan atau kurang kemudian berikan jangkrik pagi sebanyak 8-10 ekor, siang harinya berikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor dan sore harinya berikan lagi 8-10 ekorjangkrik. Jika tidak ada jangkrik, kita juga bisa menggunakan EF lainnya, misalnya belalang, ulat Hongkong atau ulat Bambu.
2. Untuk menjaga proses metabolisme tubuhnya berfungsi sempurna, burung Cililin harus kita jemur karena sinar ultra violet sangat penting dalam proses metabolisme. Adapun lamanya penjemuran cukup selama 15-25 menit-an dan jangan sampai lebih dari itu karena burung cililin termasuk ke dalam jenis burung yang tidak terlalu kuat dengan panas, penjemuran juga cukup dilakukan 3 kali dalam seminggu di bawah cuaca yang baik.
3. Burung Celilin yang sudah makan voer, juga sangat membutuhkan air dengan forsi cukup banyak Untuk memenuhi kebutuhan minumnya. Makanya dalam pemberian minum juga kita harus benar -benar perhatikan jangan sampai kekurangan, dalam air minumnya kita bisa berikan EbodVit untuk Memenuhi kebutuhan vitaminnya
salam burung juara 

No comments:

My Blog List